Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA PASANGAN YANG BERPACARAN DAN YANG TA’ARUF(Studi pada Kecamatan Tampan dan Marpoyan Damai Pekanbaru)

SINTIA PUTRI ISNANI, - (2021) PERBEDAAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA PASANGAN YANG BERPACARAN DAN YANG TA’ARUF(Studi pada Kecamatan Tampan dan Marpoyan Damai Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB 4 WATERMAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB 4 WATERMAK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SINTIA PUTRI ISNANI (2021): PERBEDAAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA PASANGAN YANG BERPACARAN DAN YANG TA’ARUF(Studi pada Kecamatan Tampan dan Marpoyan Damai Pekanbaru) Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian perkawinan adalah proses memilih pasangan. Setiap individu berkenalan dengan calon pasangannya dengan cara yang berbeda-beda. Masa perkenalan ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena seseorang akan hidup bersama dengan pasangannya hingga akhir hayatnya. Pacaran dan ta‟aruf merupakan dua proses perkenalan yang sangat berbeda. Pada masa pacaran, seseorang dapat mengenali pasangannya dengan berinteraksi secara langsung sedangkan ta‟aruf harus melalui proses-proses tertenntu dan harus ada perantara orang ketiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penyesuaian perkawinan pada pasangan yang berkenalan dengan cara berpacaran dan yang berkenalan dengan cara ta‟aruf. Subjek penelitian ini adalah pasangan menikah yang berjumlah 98 pasang atau 196 subjek yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, dengan mengisi pernyataan dalam bentuk skala. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala penyesuaian perkawinan berdasarkan kriteria penyesuaian perkawinan yang dikemukakan oleh Hurlock dengan koefisien reliabilitas skalanya yaitu r= 0,955. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent T-test diperoleh r= 0,869, dengan demikian hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan penyesuaian perkawinan pada pasangan yang berpacaran dan yang ta‟aruf. Terdapat 90,8% responden yang mendapat nilai penyesuaian perkawinan kategori tinggi. Artinya, pasangan yang berkenalan dengan cara pacaran dan yang berkenalan dengan cara ta‟aruf keduanya memilki penyesuaian perkawinan yang baik. Kata Kunci : Penyesuaian Perkawinan, Pacaran, Ta‟aruf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 19 Aug 2021 01:59
Last Modified: 19 Aug 2021 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54922

Actions (login required)

View Item View Item