PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

DINA PRIMA SARI, (2012) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013152PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkanstudipendahuluan yang penulislakukanditemukangejala yang berkaitandengankurangnya aktivitas belajar di luar jam sekolah mata pelajaran pendidikan agama islam.Gejalatersebutdapatdilihatdari masih ada siswa yang mengerjakan tugas yang diberikan guru untuk di rumah disaat proses belajar mengajar berlangsung, masih ada siswa yang tidak memiliki catatan lengkap, banyak siswa yang mencontek saat ujian, dan masih ada siswa yang tidak memiliki buku sumber mata pelajaran PAI. Olehkarenaitu,penulisingin mengangkatpermasalahantersebutkedalamsebuahpenelitian yang berjudul :Pengaruh Aktivitas Belajar di Luar Jam Sekolah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sekolah Menengah Pertama 23 Pekanbaru Dan untukmemudahkanpenulismeneliti masalah di atas makapenulismembuatrumusanmasalahyakniapakahadapengaruh yang signifikanaktivitas belajar di luar jam sekolah terhadap prestasi belajar Pendidikan agama islam.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadapengaruh yang signifikan antara keduavariabeltersebut. Penelitianinimenggunakanduavariabelyaituvariabel X (Aktivitas Belajar di Luar Jam Sekolah) dan variabel Y (PrestasiBelajar PAISiswa). Untukmengetahuikedua data itupenulismenggunakanangketdan dokumentasi.Penelitianinimenggunakanrumusproduct moment karena kedua variabel berskala interval, adapun rumusnya adalah sebagai berikut: = Σ ( Σ )(Σ ) { Σ (Σ ) }{ Σ (Σ ) } Melalui uji SPSS Korelasi Product Moment, hasil analisa data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,334 lebih besar dari pada taraf signifikan 1% 0,325 dan 5% 0,250 ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar di luar jam sekolah dengan prestasi belajar Pendidikan agama islam siswa di SMPN 23 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item View Item