PENERAPAN STRATEGI AKTIF TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

QUZWAINI, (2011) PENERAPAN STRATEGI AKTIF TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013149PAI.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya kreativitas berpikir murid, seperti; 1) Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, lebih dari 60% dari seluruh siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 yang ditetapkan. 2) Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. 3) Dalam proses pembelajaran siswa cederung lebih banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa tersebut penulis menerapkan strategi aktif tipe Synergetic Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: bagaimana penerapan Strategi aktif tipe Synergetic Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 005 Ranah Sungkai Kecamatan Koto Kampar?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya memperoleh persentasi klasikal adalah 41%, angka ini belum mencapai nilai indikator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar siswa meningkatkan dengan memperoleh persentasi klasikal adalah 65%, angka ini juga belum mencapai nilai indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan memperoleh persentasi klasikal adalah 100%, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Artinya pada siklus II secara klasikal hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item