Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATERI KIMIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU

SANDRA KENCANA, - (2021) EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATERI KIMIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

SANDRA KENCANA (2021) : EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATERI KIMIA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU Untuk menemukan pembelajaran kimia secara daring yang baik, dibutuhkan evaluasi di salah satu sekolah favorit di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program pelaksanaan pembelajaran daring pada materi kimia SMAN 1 Pekanbaru menggunakan tahapan model CIPP (Context, Input, Process, Product), menggunakan metode Mixed Method Research desain eksplonatori (Explanatory Design) dimana pengumpulan data pada tahap awal dilakukan secara kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 108 siswa dan 2 guru berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket siswa dan guru, wawancara siswa dan guru, checklist dokumentasi terkait sarana prasarana, analisis dokumen (RPP PJJ dan hasil tes siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tahap context SMAN 1 Pekanbaru pada aspek kurikulum dan aspek tujuan dikategorikan baik; 2) Tahap input SMAN 1 Pekanbaru pada aspek media pembelajaran dikategorikan tinggi dengan persentase 68,2% dan aspek sarana prasarana dikategorikan sangat tinggi persentase 97,1%; 3) Tahap process SMAN 1 Pekanbaru pada aspek model pembelajaran dikategorikan tinggi dengan persentase 71,4%; 4) Tahap product SMAN 1 Pekanbaru pada aspek hasil belajar siswa dikategorikan sangat baik dengan ketercapaian 86,6 dan aspek respon siswa terhadap pembelajaran daring dikategorikan tinggi dengan persentase 63,1%. Meskipun demikian hasil wawancara menunjukkan kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran daring sehingga memerlukan pengulangan pembelajaran kimia secara mandiri. Kata Kunci: Model Evaluasi CIPP, Pembelajaran Daring, Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:41
Last Modified: 18 Aug 2021 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54893

Actions (login required)

View Item View Item