Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTRIBUSI USAHA JAHIT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Jahit Kelurahan Palas Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru)

Muallim Syukri Ritonga, Muallim (2021) KONTRIBUSI USAHA JAHIT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Jahit Kelurahan Palas Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya orderan penjahitan pakaian dan lama berjalannya usaha penjahit pakaian, apakah ada kaitannya terhadap peningkatan pendapatan keluarga. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah yang dituangkan dalam bentuk skripsi. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana Potensi usaha penjahit pakaian dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kelurahan Palas, bagaimana kendala usaha penjahit pakaian dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kelurahan Palas dan bagaimana usaha penjahit pakaian ditinjau menurut ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah potensi usaha penjahit pakaian ada hubungannya terhadap memenuhi kebutuhan keluarga di Kelurahan Palas, untuk mengetahui kendala usaha penjahit pakaian dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kelurahan Palas, dan untuk mengetahui bagaimana usaha rumah penjahit pakaian ditinjau menurut ekonomi Islam. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah penjahit sebanyak 12 orang, terdiri 8 pemilik dan 4 karyawan. Dikarenakan populasi sedikit maka seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 12 orang dengan metode Total Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Analisa penulisan data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini ditemukan bahwa usaha penjahit pakaian yang ada di Kelurahan Palas memiliki potensi dalam memenuhi kebutuhan keluarga hal ini dapat dilihat dari modal, pendapatan, keterampilan dan pemasarannya, usaha penjahit pakaian ini juga memiliki berbagai kendala yaitu berhubungan dengan modal, alat perlengkapan menjahit, pemasaran serta pembukuan. Menurut pandangan Islam usaha penjahit pakaian di Kelurahan Palas ini tidak dilarang selama tidak mengandung unsur riba, gharar dan maisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Usaha, Kebutuhan Ekonomi Keluarga
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:43
Last Modified: 18 Aug 2021 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54862

Actions (login required)

View Item View Item