Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Meningkatkan hasil belajar perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui penerapan metode diskusi murid kelas III SD Negeri 9 Duri Barat.

DEWIYANA (2012) Meningkatkan hasil belajar perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui penerapan metode diskusi murid kelas III SD Negeri 9 Duri Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013116PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah-masalah dalam pembelajaran mata pelajaran agama Islam, antara lain : penjelasan materi oleh guru sulit dipahami oleh murid, tidak ada media pendukung dalam proses pembelajaran dan masih ada murid yang tidak memiliki buku pedoman. Hal lain yang sering terjadi berdasarkan pengamatan penulis adalah perilaku murid yang pasif selama proses pembelajaran. Permasalahan yaitu Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas 3 SD Negeri 9 Duri Barat. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui peningkatan hasil belajar perilaku terpuji mata pelajaran pendidikan agama Islam murid kelas 3 SD Negeri 9 Duri Barat melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 9 Duri Barat. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 9 Duri Barat kelas 3 dengan jumlah 40 orang yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan perilaku terpuji dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan tinggi setelah siklus II. Peningkatan hasil belajar prilaku terpuji dengan menggunakan metode diskusi yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,56, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,05. Selain nilai ratarata, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item