Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN RETRIBUSI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN KEBERSIHAN PASAR DIPO PADA KANTOR LINGKUNGAN HIDUP KISARAN BARAT DITINJAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH

Fauza Ahmad Yunas, Fauza (2021) MANAJEMEN RETRIBUSI SAMPAH DALAM MENINGKATKAN KEBERSIHAN PASAR DIPO PADA KANTOR LINGKUNGAN HIDUP KISARAN BARAT DITINJAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang beralamat di Kelurahan Kisaran Kota Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan sampah di pasar yang masih belum optimal. Hal ini terbukti dari kondisi pasar yang masih jauh dari kata bersih, rapi dan asri serta lokasi dan tempat umum seperti WC, lahan parkir bahkan kios itu sendiri sudah butuh perbaikan atau bahkan penambahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Managemen retribusi sampah dalam meningkatkan kebersihan Pasar Dipo Kisaran Barat, dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam mengupayakan Kebersihan dari hasil pemungutan retribusi di Pasar Dipo, kemudian bagaimana perspektif Ekonomi Syariah terhadap Managemen retribusi sampah dalam meningkatkan Kebesihan Pasar Dipo pada Kantor Lingkungan Hidup Kisaran Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang Dipo kelurahan Kisaran Kota Kecamatan Kisaran Barat yang berjumlah 250 orang pedagang sampel diambil berjumlah 80 orang. Teknik-teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi sampah di Pasar Dipo dalam meningkatkan kebersihan secara umum belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari indikator pelayanan yaitu, Tangibles (bukti langsung) yang diberikan pengelola memang ada tetapi sudah sangat memprihatinkan. Reliability (kehandalan) pihak pengelola masih sering memberikan pelayanan tidak sesuai dengan janji yang diberikan. Responsiveness (daya tanggap) pihak pengelola mempunyai kemauan dan keinginan untuk membantu memberikan pelayanan yang dibutuhkan padagang. Assurance (jaminan) pihak pengelola tidak ada memberikan jaminan apapun kepada pedagang, apapun yang terjadi terhadap pedagang, masing-masing pedagang yang menanggung resikonya. Empaty (kepedulian) kurangnya kepedulian pengelola kepada para pedagang juga menjadi salah satu sebab banyaknya keluhan keberisihan. Berdasarkan kriteria indikator tersebut bahwa Tangibles, Reability, Assurance, Empaty belum optimal sedangkan hanya baru Responsiveness saja yang sudah optimal. Adapun faktor pendukung yang membuat pengelolaan sampah di pasar Dipo dalam meningkatkan kebersihan ialah responsibilitas yang diberikan pengelola kepada para pedagang, sikap ramah tamah para petugas pemungut retribusi dan petugas administrasi dalam melayani pedagang secara langsung. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap pengelolaan yang dilakukan oleh pihak pengelola Dipo belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. yaitu prinsip Tauhid, Adl, Nubuwwah, dan Khilafah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:03
Last Modified: 18 Aug 2021 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54856

Actions (login required)

View Item View Item