Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Cita-Citaku Kelas Iv Sdn 017 Pandau Jaya

Alma Ramadhona, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Cita-Citaku Kelas Iv Sdn 017 Pandau Jaya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alma Ramadhona, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatakan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Muatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN 017 Pandau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran Probing promptingkelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis dalam suatu masalah, diantaranya siswa kurang memastikan terlebih dahulu data-data nilai yang dipahami, siswa masih belum mampu mengindentifikasi masalah dari materi-materi yang dipelajari siswa, siswa masih kurang dalm mengkomunikasiakan setiap permasalahan terkait materi dan siswa masih kurang dalm menyimpulkan materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa Sekolah Dasar 017Pandau Jaya. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model pebelajaran Probing promptingdandan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tessoal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan model pembelajaran Probing prompting dapat meningkatkan kemampuan beerfikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakaan hasil kemampuan berfikir kritis siswarata- rata hanya mencapai 50,6% dengan kategori kurang, siswa belum bisa menjawab soal pada tingkat analisis, tetapi setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa sedikit lebih meningkat menjadi 66,5% dengan kategori kurang artinya masih belum mencapai indikator yang diharapkan, siswa sudah mulai terbaisa menjawab soal dalam bentuk analisis, namun hanya beberapa siswa dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata meningkat dengan rata- rata menjadi 79, 25% dengan kategori cukup. Artinya kemampuaan berfikir kritis siswa-siswa telah mencapai rata-rata 75% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Pembelajaran Probing Prompting pada tema Cita-citaku dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Pandaau Jaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:49
Last Modified: 18 Aug 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54852

Actions (login required)

View Item View Item