Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated di Kelas IV SD 32 Balai Makam Duri.

HABIA HUSNI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated di Kelas IV SD 32 Balai Makam Duri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013115PAI.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: a. Untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran terpadu tipe integrated di kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 32 Balai Makam Duri. b. Memperbaiki model pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 32 Balai Makam Duri. Permasalahan yaitu 1. Bagaimana menerapkan model pembelajaran terpadu tipe integrated di Sekolah Dasar Negeri 32 Balai Makam Duri. 2. Apakah dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe integrated dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar 32 Balai Makam Duri?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 32 Balai Makam Duri. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 32 Balai Makam Duri kelas IV dengan jumlah 32 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan praktik shalat fardhu dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan tinggi setelah siklus II.Rata-rata hasil tes mulai dari sebelum adanya tindakan (pre tes), siklus I, dan siklus II. Yang mana pada pre tes terdapat (56.88%) rata-rata siswa, pada siklus I (65.44.), dan pada siklus II terdapat (80,41%) rata-rata siswa. Peningkatan rata-rata nilai pada siklus II lebih rendah dari pada peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item