Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETERSEDIAAN LAPANGAN KERJA BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA PEKANBARU MENURUT PANDANGAN FIQIH SIYASAH

Nurul Nabila, - (2021) PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETERSEDIAAN LAPANGAN KERJA BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA PEKANBARU MENURUT PANDANGAN FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Nabila.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Nabila, (2021) : Penerapan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketersediaan Lapangan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas Di Kota Pekanbaru Menurut Pandangan Fiqih Siyasah Pemerintah telah mengeluarkan aturan yaitu Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 untuk mengatasi permasalahan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas. Permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru ialah banyaknya penyandang disabilitas yang tidak memiliki pekerjaan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Dinas Sosial dalam menyediakan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas sesuai Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003? dan apa kendala penerapan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tersebut bagi penyandagan disabilitas di Kota Pekanbaru? serta penerapan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 bagi penyandang disabilitas di Kota Pekanbaru menurut fiqih siyasah?. Jenis penelitian ini adalah penelitian sosiologis hukum, sifat penelitian ini adalah deskriptif, yang mana berlokasi di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Data primer yakni yang didapat langsung dari bapak Drs. Bustami, MM dan ibu Sulhana Lely, Amd. Keb. Data sekundernya yakni data yang diperoleh melalui dokumen, dan buku terkait dengan masalah yang diteliti. Tenik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analsisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan mendiskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya, sehingga memberi gambaran yang jelas tentang situasi-situasi lapangan. Setelah mengetahui permasalahan yang ada melalui wawancara dan observasi di lapangan, maka penulis meninjau dengan pandangan fiqih siyasah berdasarkan nash Al-Quran, hadist, dan kaedah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Jadi dari uraian dan dari berbagai tinjauan tersebut, maka penulis memperoleh kesimpulan bahwa upaya Dinas Sosial dalam menyediakan lapagan kerja bagi penyandang disabilitas sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 diantaranya; (i) membuat program pelatihan keterampilan menjahit dan memangkas rambut untuk penyandang disabilitas di Kota Pekanbaru; serta (ii) memberikan pelatihan mengoperasikan computer untuk penyandang disabilitas Kota Pekanbaru. Adapun kendala yang dihadapi dalam Penerapan Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketersediaan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas diantaranya; (i) kurangnya kemauan dari pihak penyandang disabilitas untuk melaksanakan program; dan (ii) Dinas Sosial masih kesulitan memasarkan produk hasil pelatihan penyandang disabilitas. Tinjauan fiqih siyasah yang berkaitan dengan masalah ini adalah Siyasah Dusturiyah yaitu hubungan antara pemimpin degan rakyatnya. Segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, untuk meningkatkan kemampuan dari penyandang disabilitas menunjukkan bahwa sudah sejalan dengan Siyasah Dusturiyah karena penguasa berusaha untuk mensejahterakan umatnya walaupun masih ada kendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:16
Last Modified: 18 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54848

Actions (login required)

View Item View Item