Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SORTIR KARTU PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MURID KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 35 PETANI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

ROSLINA (2012) PENERAPAN METODE SORTIR KARTU PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MURID KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 35 PETANI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013114PAI.pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

Mempelajari huruf hijaiyah secara cepat dan tepat harus dicari cara yang lebih tepat. Oleh sebab itu, seorang guru merupakan faktor penentu keberhasilan pendidikan karena sumber daya manusia lahir dari usaha guru dala melakukan proses pembelajaran terhadap siswa. Peran guru sebagai pelaksana utama pendidikan sangat besar untuk memberikan informasi bersifat positif pada siswa. Permasalahan yaitu Apakah penerapan Metode Sortir Kartu pada mata pelajaran agama Islam dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah murid kelas II SD Negeri 35 Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mengenal huruf Hijaiyah di kelas II SDN 35 Petani.Untuk meningkatkan metode sortir kartu terhadap pengenalan huruf hijaiyah pada mata pelajaran agama Islam di SDN 35 Petani. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 35 Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 35 Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis kelas II dengan jumlah 33 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan tinggi setelah siklus II. Peningkatan hasil belajar mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan metode sortir kartu yaitu perolehan nilai hasil tes mulai dari sebelum adanya tindakan (pre tes), siklus I, dan siklus II. Yang mana pada pre tes terdapat (53,69%) rata-rata siswa, pada siklus I (69,42.), dan pada siklus II terdapat (81,07%) rata-rata siswa. Meskipun belum mencapai 100% siswa yang lulus, tetapi penggunaan metode sortir kartu telah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item