Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

RAJA AULIA PITALOKA, - (2021) HUBUNGAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. UPLOAD AWAL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
2. UPLOAD BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RAJA AULIA PITALOKA (2021):HUBUNGAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Berbagai tuntutan dan masalah di bidang akademik menuntut siswa untuk dapat menyusun suatu strategi penyelesaian masalah. Setiap siswa memiliki strategi yang berbeda. Salah satu strategi penyelesaian masalah adalah problem focused coping. Problem focused coping akan membekali siswa dengan keterampilan untuk mengelola persoalan yang dihadapi, sehingga dengan dimilikinya keterampilan tersebut siswa akan bersikap tangguh dan menjadi pribadi yang resilien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problem focused coping dengan resiliensi akademik pada siswa di SMP Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 203 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen alat ukur yang digunakan yaitu skala problem focused coping dan skala resiliensi akademik yang peneliti susun sendiri. Koefisien reliabilitas skala problem focused coping 0,862, dan koefisien reliabilitas skala resiliensi akademik 0,840. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,929 dengan signifikansi 0,000. Selain itu, ditemukan nilai R squared variabel problem focused coping terhadap variabel resiliensi akademik sebesar 0,863 yang berarti problem focused coping memberikan sumbangan efektif sebesar 86,3% terhadap resiliensi akademik. Dengan demikian, hipotesis diterima. Artinya, semakin tinggi problem focused coping maka semakin tinggi resiliensi akademik, begitu pula sebaliknya semakin rendah problem focused coping maka semakin rendah resiliensi akademik. Kata-kunci: Problem Focused Coping, Resiliensi Akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:14
Last Modified: 18 Aug 2021 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54837

Actions (login required)

View Item View Item