Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kebijakan Implementasi Sistem Zonasi Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah (SMAN 14 Kel. Simpang Tiga Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru).

Muhammar Nasution, - (2021) Analisis Kebijakan Implementasi Sistem Zonasi Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah (SMAN 14 Kel. Simpang Tiga Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammar Nasution : Analisis Kebijakan Implementasi Sistem Zonasi Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah (SMAN 14 Kel. Simpang Tiga Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditimbulkan dengan adanya kebijakan sistem radius zonasi yang mengatur PPDB (penerimaan peserta didik baru). Adanya instansi swasta pendidikan yang tutup karna calon siswa yang tidak terakomodasi dengan baik. Dilihat dari kemampuan belajar siswa-siswa yang diterima relative rendah, sehingga kesulitan dalam memahami materi. Dengan kebijakan sistem ini tidak dapat dipungkiri siswa yang memiliki prestasi kurang dihargai karna tidak memiliki kesempatan untuk belajar di sekolah pilihannya, mengakibatkan berkurangnya minat belajar siswa. Berdasarkan penomena tersebut, penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui kebijakan implementasi sisten radius zonasi di sekolah SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru. 2) Mengetahui peningkatan mutu pendidikan dengan kebijakan implementasi sistem radius zonasi di SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif murni. Subjek dalam penelitian ini yaitu ditingkat kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dalam hal ini sebagai lokasi penelitian, maka sumber data dan informen yang dipilih adalah Kepala sekolah sebagai perpanjangan tangan dari Dinas pendidikan Kota Pekanbaru, Wali siswa/ siswi yang di wakili oleh ketua komite sekolah SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru, Masyarakat Bukit raya yang akan di wakili oleh RT dan RW. Dan adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah Kebijakan implementasi sistem PPDB (penerimaan peserta didik baru) berdasarkan radius zonasi dan mutu pendidikan di SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kebijakan implementasi sitem zonasi di SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru sudah berjalan dengan baik, sekolah sudah melakukan langkah-langkah yang semestinya dilakukan, 2) Setelah diberlakukannya sistem PPDB (penerimaan peserta didik baru) berdasrkan sistem radius zonasi di SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru, terjadi penurunan mutu pendidikan. Kata kunci : Kebijakan Implementasi Sistem Zonasi, Mutu Pendidikan, SMAN 14 Simpang Tiga Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:24
Last Modified: 18 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54835

Actions (login required)

View Item View Item