PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN RASUL-RASUL ALLAH SISWA KELAS V DI SD NEGERI 31 PEMATANG PUDU DURI.

DARWIS, (2012) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN RASUL-RASUL ALLAH SISWA KELAS V DI SD NEGERI 31 PEMATANG PUDU DURI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013111PAI.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan: Apakah penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan dalam menyebutkan Rasul-rasul Allah murid kelas V SD Negeri 31 Pematang Pudu Duri . Rata-rata nilai ulangan harian pada mata pelajaran PAI yang telah diperoleh siswa menunjukkan bahwa dari keseluruhan siswa kelas V yang berjumlah 31 orang, 14 siswa (45%) masih mendapat nilai di bawah 6, 9 siswa (29%) mendapat nilai antara 6 s.d. 7 dan hanya 8 siswa (26%) yang mendapat nilai di atas 7 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 31 Pematang Pudu Duri. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 31 Pematang Pudu Duri kelas 5 dengan jumlah 31 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan praktik shalat fardhu dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup dan tinggi setelah siklus II. Hasil Penelitian PTK siklus I mengalami kenaikan sebesar 264 dari jumlah nilai sebelum PTK, yaitu dari 17,60 menjadi 20,24 dan pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 4,59 dari jumlah nilai PTK siklus I, yaitu dari 20,24 menjadi 24,83. Peningkatan jumlah nilai pada siklus II tidak terlalu signifikan, hal ini terjadi karena pada siklus I jumlah nilai siswa telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Rata-rata nilai siswa pada PTK siklus I mengalami kenaikan sebesar 8,52 dari rata-rata nilai sebelum PTK, yaitu dari 56,77 menjadi 65,29 dan pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 2,81 dari rata-rata nilai PTK siklus I, yaitu dari 65,29 menjadi 74,19. Peningkatan rata-rata nilai pada siklus II lebih rendah dari pada peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item