Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN AKAD MUDHARABAH PADA PRODUK TABUNGAN QURBAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA KOTA PEKANBARU

Putri Hanisa HR, - (2021) PENERAPAN AKAD MUDHARABAH PADA PRODUK TABUNGAN QURBAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL DEWAN MASJID INDONESIA KOTA PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Hanisa HR (2021): Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan Qurban di Baitul Maal Wa Tamwil Dewan Masjid Indonesia Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Baitul Maal Wa Tamwil Dewan Masjid Indonesia (BMT DMI) Kota Pekanbaru yang memiliki produk tabungan qurban dengan akad mudharabah, di mana tabungan qurban ini untuk ibadah qurban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akad mudharabah pada tabungan qurban di BMT DMI Kota Pekanbaru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tabungan qurban. Penelitian ini dilakukan di Baitul Maal Wa Tamwil Dewan Masjid Indonesia (BMT DMI) Kota Pekanbaru dengan key informan sebanyak 2 orang yaitu manajer dan marketing. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Dan teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapannya, Baitul Maal Wa Tamwil Dewan Masjid Indonesia Kota Pekanbaru menggunakan akad mudharabah muqayyadah dengan setoran awal sebesar Rp.65.000,- dan setoran minimal Rp.10.000,- dengan perbandingan bagi hasilnya sebesar 60%:40% dan akan dibagikan setiap tahun. Faktor pendukung di dalam tabungan qurban adalah (1) mayoritas beragama islam, (2) membantu masyarakat untuk beribadah, (3) berfokus pada masyarakat ekonomi rendah, (4) setoran terjangkau, (5) lokasi yang strategis. Sedangkan faktor penghambat di dalam tabungan qurban adalah (1) kurangnya sumber daya manusia, (2) minimnya pengetahuan masyarakat tentang akad syariah, (3) belum mempunyai sosial media, (4) hanya membantu menyimpankan uang nasabah, (5) tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Kata Kunci: Penerapan, Mudharabah, Produk Tabungan Qurban.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:01
Last Modified: 16 Aug 2021 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54808

Actions (login required)

View Item View Item