MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN BAKULAN (MIKRO) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH HASANAH PEKANBARU

Nurhayti, (2011) MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN BAKULAN (MIKRO) PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH HASANAH PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201121.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini berjudul “Manajemen Risiko Pembiayaan Bakulan (Mikro) Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru”. Maksud dari judul ini adalah bagaimana manajemen risiko yang diaplikasikan bank terhadap pembiayaan bakulan (mikro) yang ada pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru. Penulis mengkaji manajemen risiko produk pembiayaan bakulan (mikro) ini karena penulis ingin melihat bagaimana manajemen risikonya dan apakah penerapannya sudah sesuai dengan ketentuan Dewan Syariah Nasional. Melihat kondisi tersebut penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana manajemen risiko pembiayaan bakulan (mikro) dan bagaiman prosedur pelaksanaan pembiayaan bakulan (mikro) PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru ?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari informasi yang bersangkutan dengan penelitian ini dan buku-buku referensi yang penulis gunakan. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana manajemen risiko pembiayaan bakulan (mikro) dan apakah telah sesuai dengan ketentuan syariah. Dengan metode pengumpulan data secara wawancara dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan metode deskriptif dengan metode penulisan deduktif, induktif, dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen risiko pembiayaan bakulan (mikro) pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru yaitu : Membangun lingkungan manajemen risiko yang tepat serta kebijakan dan prosedur yang sehat, menciptakan proses pengukuran, mitigasi, dan monitoring yang tepat, serta kontrol internal yang cukup. Disamping itu manajemen risiko PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru terhadap nasabah yang mengalami kredit macet dilakukan dengan beberapa, yaitu penagihan secara persuasif melalui teguran atau peringatan secara lisan maupun tertulis kepada nasabah, memperpanjang jangka waktu pembiayaan, menambah modal nasabah dengan pertimbangan bahwa nasabah tersebut memang masih layak.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:53
Last Modified: 11 Jan 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item