PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI RUKUN SHALAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 8 DURI BARAT

HERLINA, (2013) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI RUKUN SHALAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 8 DURI BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013109PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih dirasa kurang ada peningkatan, hal ini terbukti dengan prestasi belajar siswa yang masih mempunyai nilai batas kriteria ketuntasan minimum. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi sebuah pembelajaran yang menarik siswa untuk lebih tertarik pada pelajaran PAI adalah model pembelajaran kooperatif dengan tipe TGT (Teams Games Tournament). Dalam pembelajaran dengan model ini, siswa diajak untuk belajar sambil bermain. Hal ini sangat sesuai dengan karakter untuk siswa dengan usia sekolah dasar, dalam pembelajaran ini juga siswa diajak untuk memberikan kontribusi yang positif bagi kelompoknya, sehingga siswa terlatih untuk berinteraksi sosial dan tampil berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan melihat penerapan dalam penggunaan model ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas IV SDN 8 Duri Barat tahun ajaran 2011/2012 Dari penelitian didapat bahwa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dalam pembelajaran PAI pada pokok bahasan Rukun Sholat menunjukan hasil yang positif, dimana siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Peningkatan prestasi belajar siswa dan hasil kooperatif learning tipe TGT siswa pada setiap siklusnya yakni pada siklus 1 terdapat peningkatan sebesar 7,26% dan pada siklus 2 terdapat peningkatan sebesar 20,20%. Sedangkan untuk hasil kerja kelompok siswa diperoleh peningkatan 20,5% dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan faktor-faktor penghambat yang dialami selama proses pembelajaran adalah siswa yang masih kurang berani untuk mengungkapkan pendapat yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item