KAZWAINI, - (2021) Pembuatan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Dengan Nilai - Nilai Keislaman Pada SMP/MTs Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
selainbabivfix2.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IVFIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kazwaini (2021): Pembuatan Modul Pembelajaran IPA terintegrasi dengan Nilai-nilai Keislaman pada SMP/MTs. Kota Pekanbaru. Islam sebagai agama yang sempurna membimbing manusia kepintu kebahagiaan dunia dan akhirat. Ajarannya menanamkan nilai-nilai keislaman akidah, syari’ah dan akhlak. Aqidah meyakini dan mengagungkan Allah SWT. sebagai pencipta alam semesta. Syari’ah suatu sistim yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam. Akhlak perilaku seseorang yang dilakukannya apakah itu terpuji atau tercela. Nilai-nilai keislaman seharusnya menjadi pedoman berperilaku, namun kini sudah mulai diabaikan oleh peserta didik. Minimnya kegiatan-kegiatan mereka yang berkaitan dengan aqidah, syari’ah dan akhlak. Hal ini terlihat dari perilaku mereka yang sulit untuk melaksanakan shalat fardhu, membaca al-Qur’an, melakukan kebohongan, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, dan tutur kata yang kurang sopan. Menurunnya kualitas akhlak peserta didik sebagai akibat lajunya perkembangan teknologi, terutama media sosial, menyebabkan cemas di kalangan guru, orangtua dan mayarakat pada umumnya. Hal ini menuntut diselenggarakannya penguatan sikap di sekolah melalui implementasi Kurikulum 2013. Setiap guru mata pelajaran dituntut untuk memainkan peran penting dalam membangun akhlak Islami peserta didik, namun mata pelajaran IPA SMP/MTs belum menjawabnya disebabkan belum adanya petunjuk dan buku panduan dalam mengajarkannya secara terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dan menuntun peserta didik bahwa pembelajaran IPA dengan melakukan observasi dan eksperimen tidak hanya sekedar untuk memperoleh ilmu pengatahun semata, akan tetapi juga agar mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT melalui pengintegrasikannya dengan Nilai-nilai keislaman yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan 10 langkah pengembangan. Data kuantitatif diambil dari informasi berupa deskripsi dalam bentuk kalimat tentang isi modul yang dikembangkan dalam setiap tahapannya. Selain itu juga diikuti dengan data kuantitatif berbentuk angka atau yang diberi skor terutama hasil penilaian dari validator. Data dikumpulkan dari dokumen modul dan juga melalui kuisioner dengan validator dan wawancara dengan guru. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang memaparkan proses dan hasil produksi modul pembelajaran IPA terintegrasi dengan Nilai-nilai keislaman. Hasil dari penelitian ini adalah terproduksinya Modul Pembelajaran IPA meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi yang terintegrasi dengan Nilai-nilai Keislaman untuk digunakan di SMP/MTs Kota Pekanbaru. Modul ini adalah sebagai langkah awal bagi para guru dan peserta didik agar bisa diterapkan dalam pembelajaran IPA. Kita berharap agar peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dihasilkannya Modul pembelajaran IPA yang sudah terintegrasi dengan Nilai-nilai Keislaman pada SMP/MTs Kota Pekanbaru ini, direkomendasikan kepada para guru IPA agar dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran. Dengan penggunaan modul ini diharapkan proses pembelajaran guru IPA dapat membentuk generasi muda dan calon-calon pemimpin yang Islami memiliki akhlak mulia sesuai dengan harapan orang tua. Kata Kunci : Modul, pembelajaran IPA, integrasi, nilai-nilai ke-Islaman, desain, produk, dan pengembangan.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 09:16 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 09:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54778 |
Actions (login required)
View Item |