Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti)

Nelly Yana, - (2021) PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NELLY YANA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV (46).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

ABSTRAK Nelly Yana (2021) : Pelaksanaan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Perspektif Fiqih Siyasah (Studi Di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti). Penyaluran bantuan sosial PKH ini disalurkan ke masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak pada pengurangan kemiskinan dan kesenjangan, mensejahterakan masyarakat kurang mampu yakni dalam hal pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, serta meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Program Keluarga Harapan untuk masyarakat Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih memiliki permasalahan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak ditemukan pelaksanaan program PKH yang kurang tepat sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan PKH di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan, apa faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, dan bagaimana perspektif fiqih siyasah terhadap pelaksanaan PKH di Desa Banglas Barat Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (field research) yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Banglas Barat sudah terlaksana dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan PKH di Desa Banglas Barat, adalah: Pertama, komunikasi di tingkat desa lebih mudah karena jarak tempuh lebih dekat. Kedua, pengumpulan masa di tingkat desa sangat mudah karena perangkat desa sangat kooperatif. Adapun faktor penghambat pelaksanaan PKH di desa Banglas Barat adalah, Pertama, waktu yang terbatas karena para peserta PKH hanya bisa hadir pada saat kondisi tertentu karena sibuk bekerja. Kedua, tidak semua peserta PKH memiliki alat komunikasi, sehingga kurangnya informasi jika memerlukan data tambahan dan informasi lainnya.Sedangkan pelaksanaan PKH di Desa Banglas Barat juga sudah sesuai dengan tujuan Siyasah Maliyah dan Siyasah Dusturiyah yakni sama-sama untuk kemaslahatan rakyat demi mensejahterakan kehidupan warga Negara Indonesia yang lebih baik. Kata Kunci : Pelaksanaan, Program Keluarga Harapan, Fiqih Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 11:28
Last Modified: 16 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54777

Actions (login required)

View Item View Item