PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKAN HERAN KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

NOVRIANA, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKAN HERAN KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013104PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 09 April -15 Mei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Pekan Heran dan objek yang diteliti adalah pengaruh penerapan strategi the learning cell ( sel belajar) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Pekan Heran yang berjumlah 123 orang siswa. Sampel kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Dalam penelitian ini penulis mengadakan uji coba validasi tes dengan cara berkonsultasi sama guru mata pelajaran aqidah akhlak dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program ANATES 4.0.5. yang bertujuan untuk mengukur ketetapan instrument atau ketetapan siswa dalam menjawab alat evaluasi tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi the learning cell dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes”t”. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.0. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa pengolahan data diperoleh nilai to= 2.841 lebih besar dari pada tt pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% dengan df=29. Dengan df diperoleh dari tt pada taraf sidnifikan 5% dan 1% sebesar 2.04 dan 2.76, bila to> tt maka Ho ditolak dan Ha diteriema. Sehingga terdapat perbedaan antara siswa yang belajar dengan strategi the learning cell dan siswa yang belajar dengan strategi konvensional. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar aqidah akhlak siswa yang menggunakan strategi the learning cell dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:39
Last Modified: 07 Sep 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item