Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU

RAHMAYUNI, - (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
selain bab iv.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab iv ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rahma Yuni, (2021): Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Fokus penelitian ini adalah membahas tentang bagaimanakah pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru?, dan apa saja faktor-faktor dan kendala implementasi pembelajaran PAI berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri se- Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data menggunakan observasi, wawancara. dan dokumentasi, selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian, untuk melihat keabsahan data digunakan dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data. Setelah dilakukan penelitian dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PAI berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik. Dan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil dengan kategori kritis. Kemudian adapun dalam pelaksanaan pembelajaran ditemukan beberapa faktor pendukung dan kendala. Faktor pendukungnya yaitu pemilihan kurikulum sekolah, Visi, misi, dan tujuan sekolah, kerja sama warga sekolah, kolaborasi antar guru mata pelajaran, semangat sekolah dalam perubahan, serta sarana dan prasarana yang didukung oleh berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah kota, sekolah, masyarakat dan juga orang tua siswa. Sedangkan faktor kendalanya adalah Tingkat pemahaman siswa yang bervariasi dan jam mengajar yang kurang maksimal. Kata Kunci : Pembelajaran PAI Berbasis Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:47
Last Modified: 13 Aug 2021 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54767

Actions (login required)

View Item View Item