Derliana Sari Siregar, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 200208 PADANGSIDIMPUAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Derliana Sari Siregar, 2021 : Penerapan Strategi Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas V pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 200208 Padangsidimpuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial malalui strategi pembelajaran Probing Prompting di Kelas V SD Negeri 200208 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa diantaranya rendahnya kemampuan siswa menghasilkan banyaknya jawaban dan rendahnya kemampuan siswa memperluas jawaban atau gagasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Probing Prompting dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil peneltian dan analisa data bahwa penerapan Strategi pembelajaran Probing Prompting terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa hanya mencapai 40% dengan kategori “kurang” berada pada rentang 30-49. setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 50% dengan kategori “Cukup” berada pada rentang 50-69. dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80% dengan kategori “Baik” berada pada rentang 70-89. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V meningkat melalui strategi Probing Prompting. Kata Kunci : Strategi Probing Prompting, kemampuan berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 09:32 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 09:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54765 |
Actions (login required)
View Item |