Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 74 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR DALAM PENANGANAN CORONA VIRUS DESEASE (COVID-19) PADA RUMAH IBADAH DI KELURAHAN SUNGAI SIBAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI DITINJAU DARI FIQH SIYASAH

JUVANO BESTMAN ALDI ROSADI, - (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 74 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR DALAM PENANGANAN CORONA VIRUS DESEASE (COVID-19) PADA RUMAH IBADAH DI KELURAHAN SUNGAI SIBAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI DITINJAU DARI FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV WT.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)

Abstract

JUVANO BESTMAN ALDI ROSADI (2021):IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 74 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR DALAM PENANGANAN CORONA VIRUS DESEASE (COVID-19) PADA RUMAH IBADAH DI KELURAHAN SUNGAI SIBAM KECAMATAN PAYUNG SEKAKI DITINJAU DARI FIQH SIYASAH Perwako khususnya peraturan tentang pembatasan kegiatan keagamaan di luar rumah, maka secara yuridis masyarakat diwajibkan untuk menaati peraturan tersebut. Namun, pada saat terjadi wabah Covid-19 di Kelurahan Sungai Sibam ini masih banyak masyarakat yang secara aktif melakukan ibadah di luar rumah, khususnya umat Muslim yang tetap melakukan ibadah berjamaah di masjid. Ironinya semakin diperparah ketika masyarakat tetap melakukan ibadah di masjid di saat Pekanbaru sudah ditetapkan sebagai zona merah dan dikeluarkannya Perwako tentang Covid-19. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 74 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19)Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki Ditinjau Dari Fiqh Siyasah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Kemudian dalam populasi dan sempel secara keseluruhan adalah sumber data yang dikumpulkan untuk bahan penelitian. Melalui wawancara dan observasi dilapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Fiqh Siyasah dengan menampilkan nash Al-Qur’an, hadist, dan kaedah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari hasil penelitian penulis rangkum dari permasalahan yang penulis bawa tentang penerapan peraturan pemerintah terkait PSBB dan juga diatur di dalamnya tentang penutupan rumah ibadah beberapa hari dikarenakan untuk mengurangi Virus Covid 19 masih belum terlaksana dengan baik, dikarenakan masih adanya masyarakat atau pengurus yang melaksanakan kegiatan ibadah di Rumah Ibadah di Kelurahan Sungi Sibam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:50
Last Modified: 13 Aug 2021 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54764

Actions (login required)

View Item View Item