ARIFUDDIN (2013) PERANAN KEPALA KELUARGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL - JAM’IATUL WASHLIYAH DESA SUNGAI MAJO KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201366PAI.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Peranan kepala keluarga sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan anak dalam proses belajar. Oleh sebab itu orang tua dituntut agar mampu menjalin dan membangun interaksi edukatif sehingga akan terciptanya suasana keharmonisan dan keakraban antara orang tua dan anak yang membantu menunjang efektifitas pembelajaran anak disekolah. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan Kepala Keluarga Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jam’iyatul Washliyah Desa Sungai Majo Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah Orang tua yakni ayah atau ibu dari siswa sedangkan objeknya adalah peranan Kepala Keluarga Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al- Jam’iyatul Washliyah Desa Sungai Majo Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Populasi penelitian in berjumlah 279 orang, mengingat jumlah populasi yang cukup besar, maka penulis menarik sampel secara acak sabesar 30% dari jumlah populasi yaitu 84 orang. Selanjutnya, untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka penulis menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif dengan persentase Rumusnya adalah: 100% N F P Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, dapat disimpulkan bahwa Peranan Kepala Keluarga Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jam’iyatul Wasliyah Desa Sungai Majo Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir dikategorikan kurang berperan, karena secara kualitatif persentase hanya diperoleh skor 62%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peranan kepala keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa adalah: Tingkat Pendidikan orang tua yang tergolong rendah, faktor tingkat ekonomi orang tua yang lemah, dan faktor lingkungan sosial keluarga yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5467 |
Actions (login required)
View Item |