PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA POKOK BAHASAN BERPRILAKU TERPUJI 1 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR

FITRIANIS, (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA POKOK BAHASAN BERPRILAKU TERPUJI 1 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 021 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201346PAI.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi di sekolah khususnya di Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar selama ini menunjukkkan bahwa siswa lebih berperan sebagai objek dan guru berperan sebagai subjek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran dengan Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Poster Pada Pokok Bahasan Berprilaku Terpuji 1 di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar.” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran pada Pokok Bahasan berprilaku Terpuji 1 di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar dengan Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Poster. Pada penelitian ini digunakan media poster untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan sikap terpuji I di kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Airtiris Kecamatan Kampar yang berjumlah 18 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dengan kemampuan akademik yang bervariasi.objek pada penelitian adalah penerapan pembelajaran agama islam dengan menggunakan media poster untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Data dikumpulkan berdasarkan observasi yang dilakukan oleh sesama guru tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran., dengan menggunakan persentase aktivitas siswa. Aktivitas siswa sebelum tindakan 43,6%, pada siklus I secara keseluruhan aktivitas belajar siswa didapatkan rata-rata sebesar 51,7%, sedangkan pada siklus II indikator aktivitas siswa 73% serta pada siklus III keseluruhan indikator aktivitas belajar siswa didapat sebesar 81,8 %. Artinya terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item