Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB ALLAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

NUR AZIZAH (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB ALLAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 038 MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201341PAI.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Setelah dilakukan studi pendahuluan di SDN 038 Marpoyan Damai Pekanbaru, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar murid, salah satunya adalah Dari hasil ulangan harian hanya 23 (56%) dari jumlah siswa 42 orang siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Adapun KKM yang telah ditetapkan di SDN 038 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru adalah 65. Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui strategi pembelajaran The Firing Line dapat Peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 038 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran The Firing Line dapat peningkatan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V SDN 038 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, hal dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II serta siklus ke III. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar murid tergolong kurang dengan ratarata 49.0%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 62.3%. Sedangkan hasil belajar murid pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 73.7% dengan kategori baik, pada siklus III terjadi peningkatan dengan rata-rata 90.1% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan strategi pembelajaran The Firing Line dapat peningkatan hasil belajar murid kelas V SDN 038 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Hasil belajar murid yang yang diperoleh pada siklus III, dapat diketahui hasil belajar murid telah mencapai kriteria keberhasilan, yaitu 75%. Untuk itu, tindakan yang peneliti lakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan hasil belajar pada murid kelas V SDN 038 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru hanya pada siklus III, karena sudah jelas hasil belajar murid yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item