PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN LIMA SIFAT WAJIB BAGI ALLAH MELALUI STRATEGI MENYORTIR KARTU DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATUBELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ISMAR, (2013) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN LIMA SIFAT WAJIB BAGI ALLAH MELALUI STRATEGI MENYORTIR KARTU DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATUBELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201340PAI.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Persoalan kurangnya motivasi siswa dalam belajar, terutama dalam belajar PAI merupakan salah satu persoalan pendidikan yang harus di carikan solusinya oleh pihak terkait, terutama guru yang mengajarkan mata pelajaran PAI karena kurangnya motivasi siswa akan berdampak pada hasil belajar atau prestasi para murid. Supaya hal ini tidak berkepanjangan, maka peneliti menawarkan salah satu solusi yaitu merancang strategi pembelajaran yang efektif dan seefisien mungkin. Salah satu strategi pembelajaran adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran menyortir kartu. melalui strategi pembelajaran menyortir kartu di harapkan murid dapat belajar lebih aktif. Melihat hal tersebut penulis melakukan penelitian yang di laksanakan di SDN 003 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun objek penelitian dilakukan dengan menggunakan observasi dan refleksi. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian melalui observasi dan refleksi, maka dapat di ketahui motivasi belajar siswa dalam mengenal lima sifat wajib bagi Allah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan strategi menyortir kartu pada siswa kelas III SDN 003 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar sebelum dan sesudah tindakan sebagai berikut: (1) sebelum di lakukan tindakan motivasi belajar siswa yaitu 46, 00% maka motivasi belajar siswa berada antara 0, 00%-48, 00%, hal ini dikategorikan rendah. (2) setelah di lakukan tindakan pada siklus I motivasi belajar siswa yaitu 64, 00% maka motivasi belajar siswa berada antara 49, 00%-75, 00%, hal ini di kategorikan sedang. (3) siklus II motivasi belajar siswa yaitu 75, 00% maka motivasi belajar siswa berada antara 49, 00%-75, 00%, hal ini masih di kategorikan sedang dan (4) siklus III motivasi belajar siswa yaitu 93, 00% maka motivasi belajar siswa berada antara 76, 00%-100, 00%, hal ini di kategorikan tinggi (berhasil).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item