PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 014 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

ARNITA, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 014 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201325PAI.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan basil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDM 014 Puiau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Subjek dalam Penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Siswa laki-laki 8 orang, sedangkan siswa perempuan 12 siswa. Obyek penelitian adalah peningkatan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada materi kisah nabi melalui model penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian mi dengan observasi, tes basil belajar dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rincian satu kali pertemuan tanpa tindakan dan tiga kali pertemuan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dapat dilihat dan nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih keci{ dan mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 57,75. Mean setelah tindakan pada siklus I 62,10 dan mean pada siklus II 66,25.dan siklus III 73,75 Pada sikius III terjadi peningkatan. Dan data ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Melalui penggunaan model pembelajaran koopeitiftipe Jigsaw. basil belajar pendidikan agama islam siswa kelas IV SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar “diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, secara benar akan dapat meningkatkan hash belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:38
Last Modified: 07 Sep 2016 09:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item