Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK COVID-19 TERHADAP PRODUKSI HOME INDUSTRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Study pada Home Industri Henny Bakery, Lily Bakery Dan Konveksi Shofira Kids Di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat)

Hana Luthfia Widi, - (2021) DAMPAK COVID-19 TERHADAP PRODUKSI HOME INDUSTRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Study pada Home Industri Henny Bakery, Lily Bakery Dan Konveksi Shofira Kids Di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANA LUTHFIA WIDI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hana Luthfia Widi (2021) : DAMPAK COVID-19 TERHADAP PRODUKSI HOME INDUSTRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Study pada Home Industri Henny Bakery, Lily Bakery Dan Konveksi Shofira Kids Di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya Covid-19 yang menimbulkan dampak terhadap usaha home industry Henny Bakery, Lily Bakery dan Konveksi Shofira Kids di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak covid-19 terhadap tiga home industri yakni home industry Henny Bakery, Lily Bakeri dan Konveksi Shofira Kids; Upaya yang dilakukan dalam menghadapi dampak Covid-19 serta; untuk mengetahui tinjauan produksi Henny Bakery, Lily Bakery dan Konveksi Shofira Kids menurut perspektif Ekonomi Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha dan tenaga kerja home industri Henny Bakery, Lily Bakery dan Konveksi Shofira Kids serta Kasi Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam yang berjumlah 10 orang. Dari populasi tersebut penulis mengambil sampel dengan metode total sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini adalah Home Industri Henny Bakery, Lily Bakery dan Konveksi Shofira Kids di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat. Berdasarkan hasil penelitian terhadap ketiga home industry tersebut mengungkapkan adanya covid-19 menimbulkan dampak yang sangat besar terhadap ketiga home industry tersebut. Adapun dampak yang ditimbulkan yakni penurunan penjualan; terhambatnya distribusi produk home industry; dan adanya pengurangan jenis produksi dan jumlah tenaga kerja. Sedangkan Upaya yang dilakukan agar ketiga home industry dapat bertahan yakni mempertahankan mutu dan kualitas produksi; mengurangi jenis produksi dan jumlah karyawan/tenaga kerja; dan melakukan kerjasama dengan pemerintah dinas koperasi perindustrian dan perdagangan. Adapun tinjauan produksi Henny Bakery, Lily Bakery dan Konveksi Shofira Kids menurut perspektif Ekonomi Syariah yakni Tauhid, Keadilan/keseimbangan, dan Tanggungjawab. Kata Kunci : Dampak Covid-19, Produksi, Home Industri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:15
Last Modified: 13 Aug 2021 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54528

Actions (login required)

View Item View Item