Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU

MUJAHIDIN, - (2020) PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN LIMA PULUH KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
selain bab iv.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab iv ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mujahidin, (2020) : Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib dan Keteladanan Guru terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se- Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pelaksanaan tata tertibdan keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru.Penelitian ini berdasarkan pada masalah rendahnya kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensial.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMPN Se-Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru yang berjumlah2.459 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling dengan rumus Slovin yakni 346 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi bergandayaituY=a+b1X1+b2X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R2 (koefisiendeterminasi) atau R Squarese besar 0,472 atau 47,2%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan kedisiplinan belajar siswa oleh perubahan nilai variable bebas pelaksanaan tata tertib dan keteladanan guru sebesar47,2% sedangkan52,8% ditentukan oleh perubahan factor lainnya. Nilaithitung untuk variable pelaksanaan tata tertib adalah14.832dan ttabel 1,97 = thitung> t tabelini berarti ada pengaruh pelaksanaan tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa dan thitung untuk variable keteladanan guru adalah2.234dan ttabel 1,97 = thitung> t tabelini berarti ada pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pelaksanaan tata tertib dan keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. ada pengaruh pelaksanaan tatatertib dan keteladanan guru terhadap terhadap kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kecamatan Lima Puluh Kota denganbesar F hitungadalah 126,052 sedangkan besar signifikansinya 0,000. Signifikansi tabelAnova 0,000 lebih besar dari 0,05dengan demikian Ha diterima H0ditolak Kata Kunci:Pelaksanaan Tata Tertib, Keteladanan Guru, Kedisiplinan Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:14
Last Modified: 13 Aug 2021 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54496

Actions (login required)

View Item View Item