Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru.

M. Rijki Kurniawan, -* (2021) Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGNA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Rijki Kurniawan, (2021) : Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pemanfaatan sumber belajar perpustakaan oleh siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca siswa, kurangnya pengelolaan dan buku-buku perpustakaan sekolah. Rumusan masalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang diberikan kepada siswa kelas XI sebanyak 79 orang siswa. Angket yang digunakan yaitu 20 item pernyataan tentang pemanfaatan sumber belajar perpustakaan oleh siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa bahwa pemanfaatan sumber belajar perpustakaan oleh siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru tergolong baik. Indikator perpustakaan sebagai sumber kegiatan belajar mengajar tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 70,83%. Indikator perpustakaan sebagai pengembangan minat dan kegemaran membaca tergolong sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 81,67%. Indikator perpustakaan sebagai tempat mencari informasi tergolong sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 86,67%. Indikator perpustakaan sebagai pembentuk kemandirian belajar siswa tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 76,67%. Indikator perpustakaan sebagai tempat menjalin informasi antar pengguna tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 76,67%. Dan Indikator perpustakaan sebagai agen perubahan dan kemajuan siswa tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 73,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 15:53
Last Modified: 12 Aug 2021 15:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54455

Actions (login required)

View Item View Item