PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI BACAAN SHALAT MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

TUTI SULASTRI, (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI BACAAN SHALAT MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201304PAI.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar masih ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya di kelas III pada pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 1) Kurangnya perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar, kemungkinan karena siswa menganggap kegiatan belajar mengajar selalu monoton. 2) Saat belajar kadang siswa terlihat bermain-main dengan temannya, bahkan ada yang saling melemparlempar kertas. 3) Yang lainnya kadang keluar masuk kelas saat berlangsunggnya proses pembelajaran. Pada dasarnya banyak usaha yang dapat dilakuakan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa diantaranya adalah melalui penerapan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang memberikan alternatif kegiatan secara langsung untuk dipraktekkan dan sangat berguna untuk memecahkan berbagai persoalan kehidupan khususnya dalam kaitannya dengan kajian agama Islam. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi bacaan shalat melalui metode demonstrasi. Hasil penelitian menyimpulkan, motivasi belajar siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 47% dengan kategori “sedang” pada pertemuan 2 menjadi 54% dengan kategori juga ‘sedang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 64% dengan kategori “tinggi”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 71% dengan kategori “tinggi”. Oleh karena itu, maka hipotesis yang berbunyi melalui metode demonstrasi pada Pendidikan Agama Islam materi bacaan shalat, maka motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, akan meningkat dapat “diterima”. Artinya melalui metode demonstrasi pada materi bacaan shalat, maka motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item