Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Religiusitas, Etos Spiritual, dan Internalisasi Visi Organisasi Terhadap Kinerja Islami Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggidi Provinsi Riau

SAFARIN, - (2021) Pengaruh Religiusitas, Etos Spiritual, dan Internalisasi Visi Organisasi Terhadap Kinerja Islami Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggidi Provinsi Riau. Disertasi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
selain bab iv.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Safarin (2021) : Pengaruh Religiusitas, Etos Spiritual, dan Internalisasi Visi Organisasi terhadap Kinerja Islami Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi di Provinsi Riau Kinerja Islami tenaga kependidikan memiliki peran penting dalam pencapaian visi institusi perguruan tinggi. Kinerja berkaitan dengan nilai-nilai kepribadian individu. Penelitian ini mengkaji Pengaruh Religiusitas, Etos Spritual, dan Internalisasi Visi Organisasi terhadap kinerja Islami. Penelitian dilaksanakan pada universitas Islam visi integrasi ilmu, universitas Islam visi non integrasi ilmu, dan Universitas non keagamaan. Responden yang dijadikan sampel berjumlah 424 orang dengan pendekatan Ex Post Facto yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian terjadi untuk menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku, gejala. Data di olah melalui Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software statistic AMOS. Hasil penelitian menunjukkan Religiusitas berpengaruh positif terhadap Internalisasi Visi Organisasi (0.01), Etos Spritual tidak berpengaruh terhadap Internalisasi Visi Organisasi (0.89), Internalisasi Visi Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Islami (0.00), Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Kinerja Islami (0.24), dan Etos Spritual berpengaruh positif terhadap Kinerja Islami (0.00). Temuan penelitian juga menunjukkan perbedaan antara perguruan tinggi Islam Visi Integrasi Ilmu dengan Perguruan tinggi Islam Visi non integrasi Ilmu, dan Pendidikan Tinggi non Keagamaan, yaitu pada pergurun tinggi Islam Visi keagamaan (Integrasi Ilmu) tidak diperlukan Internalisasi Visi organisasi sebagai mediator etos spritual terhadap kinerja Islami sedangkan pada perguruan tinggi lainnya diperlukan. Adapun peran internalisasi visi organisasi dalam memediasi pengaruh Religiusitas terhadap kinerja Islami sama-sama diperlukan pada masing-masing perguruan tinggi yang diteliti.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Aug 2021 15:13
Last Modified: 12 Aug 2021 15:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54429

Actions (login required)

View Item View Item