DODI SETTIAWAN, - (2021) Model Pembelajaran Terpadu Konten Keislaman dan Bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Disertasi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
selain bab iv.pdf Download (15MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
bab iv_watermark dodi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dodi Settiawan (2021): Pelaksanaan Model Pembelajaran Terpadu Konten KeIslaman dan Bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Upaya internasionalisasi pelayanan perguruan tinggi keagamaan Islam menempatkan pentingnya penerapan integrasi keilmuan yang perlu didukung dengan kemahiran berbahasa Internasional (Arab & Inggris). Sejalan dengan itu, integrasi menjadi trend yang diminati di satu sisi, dan di sisi lain ada kesenjangan penelitian (research gaps). Berbagai model pembelajaran terintegrasi (terpadu) muncul di konteks pembelajaran bahasa asing. Hadirnya model pembelajaran terpadu konten dan bahasa dikenal dengan CLIL (1990-an) yang kemudian sejak 2017 di Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menjadi salah satu strategi mengupayakan integrasi keilmuan dan internasionalisasi pelayanan di bidang pengembangan bahasa, melatarbelakangi penelitian ini. Beberapa seri workshop dan seminar disediakan kepada dosen untuk integrasi keilmuan dan internasionalisasi pelayanan melalui pembelajaran terpadu konten dan bahasa. Penelitian metode campuran studi kasus ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan guna menjelaskan tentang bagaimana pemahaman dosen-dosen terkait konsep pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris. Kemudian, peneliti menjelaskan seperti apa integrasi konten dan bahasa untuk pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris telah diterapkan. Sebagai tambahan, penelitian ini mengidentifikasikan model pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris yang mana yang dominan diterapkan. Terakhir, tetapi tidak kalah penting, peneliti menjelaskan apa alasan serta persepsi dosen-dosen terkait model yang telah mereka terapkan. Untuk pencapaian tujuan tersebut, pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data/sumber. Berdasarkan data yang dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa tingkat respons (response rate) dari partisipan sebanyak 55,74%, dan dianggap lebih dari cukup untuk analisis data. Data dinalisis dengan teknik campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diidentifikasikan pemahaman dosen tentang pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris sudah berada pada level 3 (baik). Kemudian, terkait model, pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris yang telah berjalan dan yang mendominasi adalah ThemeBased Model. Kemudian, Berdasarkan temuan yang telah berjalan tersebut, penelitian ini menjelaskan alasan dan persepsi dosen terhadap pembelajaran terpadu konten keIslaman dan bahasa Inggris yang dapat dikembangkan selanjutnya. Kata kunci: integrasi, konten keIslaman, CLIL, Theme-Based Model, internasionalisasi
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 12:45 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 12:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54419 |
Actions (login required)
View Item |