Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill HOTS)

Yuliana Efendi, - (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill HOTS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuliana Efendi, (2021): Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah 24 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singingi, kemudian direduksi menjadi 9 orang siswa yang ditentukan dengan purposive sampling technique. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data, dengan menggunakna instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, pedoman wawancara, dan dokumentasi keterlaksanaan penelitian. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS berada pada kategori rendah. Adapun siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi tidak mengalami kesalahan pada indikator transfer satu konsep ke konsep lainnya dan indikator merencanakan metode penyelesaian masalah yang sesuai dengan kriteria masalahnya, namun pada indikator memeriksa kesalahan pada operasi atau hasil serta mendeteksi keefektifan prosedur yang digunakan, siswa tidak dapat menentukan model matematika. Siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis sedang kebanyakan tidak dapat menentukan model matematika serta kurang maksimal dalam melaksanakan perhitungan pada tiap indikator HOTS. Siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis rendah kebanyakan tidak dapat menentukan model matematika serta melakukan kesalahan perhitungan pada tiap indikator HOTS. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Higher Ordet Thinking Skill (HOTS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:24
Last Modified: 16 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54413

Actions (login required)

View Item View Item