Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Elvira Yerfi Novella, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elvira Yerfi Novella, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa berupa Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitianadalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, serta siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 86,22%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 87,10%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah tutup dalam waktu yang cukup lama akibat covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar di kelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:36
Last Modified: 13 Aug 2021 00:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54402

Actions (login required)

View Item View Item