Juniati, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DENGAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI GABUNG OK.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Juniati, (2021): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Open-ended dengan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penyebaran Covid-19 memiliki pengaruh yang besar dalam proses pembelajaran dan kurikulum pendidikan. Siswa dan mahasiswa “dipaksa” belajar dari rumah karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penularan Covid-19, maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran dirumah bagi siswa agar tetap bisa menanamkan konsep pembelajaran tersebut terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Open- ended dengan materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs YPUI Teratak, Kampar. Subjek penelitian adalah para ahli atau pakar dalam bidang Matematika yang berasal dari dosen atau guru dan siswa kelas VIII SMP. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis Model Pembelajran Open-ended pada materi SPLDV. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian di analisi dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarakan uji validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Open-ended dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 86,56%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis model pembelajaran Open-ended dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 88.23%. Keterbatasan penelitian in adalah tidak dilakukan uji efektifitas karena pandemi yang mengakibatkan sekolah diliburkan sehingga tidak dapat mengontrol uji efektifitas penggunaan LKS. Dengan adanya LKS berbasis model pembelajaran Open-ended diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar pada masa pendemi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Open-ended, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 00:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 00:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54401 |
Actions (login required)
View Item |