Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

Teria Mardani, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Teria Mardani, (2021): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self Regulated Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP materi bentuk aljabar ditinjau dari self regulated learning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII SMPN 2 Pekanbaru. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self regulated learning dan wawancara yang dilakukan secara online melalui media WhatsApp. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa masih rendah. Pemahaman matematis siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang ataupun rendah tidak menunjukkan perbedaan yang menonjol. Siswa dengan kategori self regulated learning tinggi hanya dapat memahami dengan baik dalam mengklarifikasikan objek- objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut dan mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep. Siswa dengan kategori self regulated learning sedang hanya dapat memahami dengan baik dalam menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, sedangkan siswa dengan kategori self regulated learning rendah hanya dapat memahami dengan baik pada indikator mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep. Perlu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan self regulated learning siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning, Bentuk Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:33
Last Modified: 12 Aug 2021 23:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54388

Actions (login required)

View Item View Item