Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KECEMASAN ANAK BERBICARA DALAM METODE BERCERITA (STUDI KASUS ANAK KELAS B TK IRSYADUL UMMAH PEBAUN HULU KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)

R. MONA RAMA DESNI, - (2021) KECEMASAN ANAK BERBICARA DALAM METODE BERCERITA (STUDI KASUS ANAK KELAS B TK IRSYADUL UMMAH PEBAUN HULU KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

R. MONA RAMA DESNI (2021) : KECEMASAN ANAK BERBICARA DALAM METODE BERCERITA (STUDI KASUS ANAK KELAS B TK IRSYADUL UMMAH PEBAUN HULU KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI) Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kecemasan dalam berbicara yang dihadapi anak-anak di TK Irsyadul Ummah, Kecemasan merupakan faktor affective yang dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam berbicara, dan ini perlu ditemukan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentukbentuk, dan faktor-faktor yang memepengaruhi kecemasan berbicara anak dalam bercerita di Tk Irsyadul Ummah. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah murid dari kelas B di Tk Irsyadul Ummah Pebaun Hulu. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk menganalisa data, peneliti melakukan 3 langkah, seperti, pembuktian data, presentasi data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa bentuk kecemasan anak berbicara dalam metode bercerita yaitu adanya anak yang gugup, gemetaran, pucat, dan menangis. Dan kecemasan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, adapun faktor internal yaitu pola pikir, kemampuan berkomunikasi, pengalaman anak, dan kepercayaan diri. Faktor yang meliputi eksternal yaitu lingkungan baru, budaya, dan komunikasi dalam keluarga. Kedua anak memiliki faktor internal dan faktor eksternal, namun faktor yang dominan adalah faktor internal. Kata Kunci: Kecemasan, berbicara, bercerita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:05
Last Modified: 13 Aug 2021 00:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54385

Actions (login required)

View Item View Item