PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUIMETODEKNOW-WANT-LEARN(KWL) DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS CERITA ANAK SISWA KELAS V SDN 047 BUKIT RAYA KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

MARPUAH, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUIMETODEKNOW-WANT-LEARN(KWL) DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS CERITA ANAK SISWA KELAS V SDN 047 BUKIT RAYA KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201396PGMI.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada teks cerita anak. Hanya sebagian siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita, apabila guru melemparkan pertanyaan yang menyangkut tentang teks bacaan dalam sebuah cerita, terlihat hanya sebagian kecil siswa yang mampu menjawab. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode Know-Want-Learn (KWL) dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Anak Siswa Kelas V SDN 047 Bukit Raya Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Know-Want-Learn (KWL)pada mata pelajaranBahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesiahanya mencapai membaca pemahaman Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Anak Siswa Kelas V SDN 047 Bukit Raya Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 57,6% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 57,6% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 67,4% berada pada rentang 55%-69%.Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 80.7% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas V SDN 047 Bukit Raya Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item