Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT SAPI BALI YANG DITAMBAHKAN MAHKOTA NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA

Fredi Kurniawan, - (2021) SIFAT FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT SAPI BALI YANG DITAMBAHKAN MAHKOTA NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR) DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Wafer adalah pakan sumber serat alami yang banyak dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak dalam proses pembuatannya mengalami pemadatan dengan tekanan dan pemanasan. Penambahan mahkota nanas ini di harapkan mampu mempertahankan kualitas fisik wafer. Tujuan dari penelitian ini untuk memanfaatkan tepung mahkota nanas sebagai bahan pakan alternatif dalam meningkatkan sifat fisik wafer. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai November 2018 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri 4 perlakuan; yakni Tanpa penyimpanan (A0), Masa penyimpanan 14 hari (A1), Masa penyimpanan 28 hari (A2) dan Masa penyimpanan 42 hari (A3) dengan masing-masing 5 ulangan. Parameter yang diukur adalah warna, aroma, tekstur, daya serap air (%) dan kerapatan (g/cm3). Penyimpanan dari beberapa masa simpan dalam wafer ransum komplit dapat mempertahankan sifat fisik wafer ransum komplit. Hasil penelitian menunjukan penyimpanan terbaik adalah masa simpan selama 14 hari, dengan warna coklat muda (2,67), aroma khas molases (2,81), tekstur kasar dan padat (3,04), kerapatan sangat rapat (2,81) gr/cm3 dan daya serap air lama penyerap (0,70%) Kata Kunci: Lama penyimpanan, mahkota nanas, sifat fisik, wafer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:59
Last Modified: 12 Aug 2021 23:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54378

Actions (login required)

View Item View Item