ZULHERNIS (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201393PGMI.pdf Download (567kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Sebagai Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan dengan kemampuan siswa yang heterogen. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 42,86%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 75% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 93%. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikatakan berhasil, dengan ketuntasan individu dan kelas rata-rata mencapai 93%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5437 |
Actions (login required)
View Item |