MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

ECI LESTARI, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID MELALUI STRATEGI THINKPAIR- SQUARE (TPS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201387PGMI.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena-fenomena yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, yaitu adalah 1) Sebagian murid tidak dapat menyelesaikan tugas dan Pekerjaan Rumah (PR), 2) Sebagian murid tidak dapat menjawab post test, 3) Rata-rata nilai harian murid masih rendah yakni di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 6,5. Oleh sebab itu penelitian menerapkan Model pembelajaran Think Pair Square (TPS) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah strategi Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi jenis dan persebaran sumber daya alam di kelas IV Sekolah Dasar 016 Baserah kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan singingi, tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dilakukan dalam 3 kali pertemuan, Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan awal, hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 41% angka ini belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama tingkat hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 64%, angka ini juga belum mencapai angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, oleh sebab itu siklus selanjutnya dilanjutkan. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%, artinya angka ini telah melebihi dari angka keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian, dan dengan pencapaian nilai 100% ketuntasan secara klasikal, maka penelitian ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item