Ryan Ilham Islam, - (2021) PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
|
Text
SKRIPSI RYAN ILHAM ISLAM.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ryan Ilham Islam, (2020): Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Langgini Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman komunikasi matematika siswa melalui penerapan strategi think talk write. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi think talk write yang dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Langgini Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diselesaikan dalam 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan strategi think talk write pada siklus I dan siklus II telah mencapai sasaran yaitu adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV SDN 002 Langgini Bangkinang Kota. Dari jumlah 26 siswa pada pratindakan sebesar 30.8% sebanyak 8 siswa tuntas dan 18 orang tidak tuntas. meningkat pada siklus I sebesar 65.4% sebanyak 17 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas, dan meningkat pada siklus II sebesar 88.5% sebanyak 23 siswa yang tuntas dengan rata-rata tertinggi pada kategori baik dan siklus dinyatakan berhenti karena sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi think talk write dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Langgini Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Think Talk Write,Komunikasi matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 16:16 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 16:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54357 |
Actions (login required)
View Item |