Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ATRIBUT BPOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.)

Lady Arce Savira, - (2021) PENGARUH ATRIBUT BPOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LADY ARCE SAVIRA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lady Arce Savira, (2021) : Pengaruh Atribut BPOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya fenomena masyarakat khususnya perempuan dalam memenuhi kebutuhan dengan melakukan transaksi jual beli dan konsumsi, pada umumnya hal ini menjadi kebutuhan tersier namun pada wanita mempercantik penampilan diri menggunakan produk-produk kosmetik menjadi kebutuhan sekunder. Kebutuhan yang digunakan sebagian besar perempuan mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur, oleh karena itu banyak perusahaan yang berusaha memenuhi kebutuhan terkait kosmetik dengan berbagai macam inovasi produk. Inovasi produk dilakukan oleh para produsen untuk memperoleh daya tarik beli para konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Produk kosmetik juga memiliki resiko mengingat kandungan bahanbahan kimia tidak selalu memberi efek yang sama untuk setiap konsumen. Namun tak kalah banyak produk kosmetik palsu yang beredar dipasaran yang dilakukan oleh seseorang pencari keuntungan tanpa memikirkan dampak negatif bagi penggunanya, maka terlibatnya peran pemerintah dalam meminimalisir hal tersebut dengan dibentuknya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Maka ditarik rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah apakah ada pengaruh atribut BPOM terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada masyarakat khususnya perempuan di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis data correlation Coefficient Moment menggunakan alat bantu SPSS 17, teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner atau google form dan dokumentasi, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau dengan sampel perempuan yang berjumlah 26.992, teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Random Sampling, yang mengambil sampel berdasarkan kriteria-kriteria yang dibuat peneliti berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan sampel sebnyak 100 sampel. Kosmetik berfungsi untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan, atau memperbaiki bau badan atau memelihara tubuh pada kondisis baik. Kosmetik di Indonesia terdapat dua macam yaitu kosmetik tradisional yang berasal dari bahan alam atau tanaman dan kosmetik modern yang berasal dari campuran bahan-bahan kimia. Jual beli diartikan sebagai pertukaran harta atas dasar saling rela. Rukun dan syarat jual beli meliputi aqid (penjual dan pembeli) yang baligh, mumayyiz, ma‟qud alaih (objek akad) yang harus jelas kuantitas dan kualitas, sighat (ijab qabul) secara ii verbal dan tertulis. BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan dibidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undang. Keputusan pembelian merupakan proses dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi dan pembelian yang berlaku untuk konsumsi berkelanjutan. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian yaitu budaya,individu, sosial dan pendidikan. Proses dari keputusan pembelian melalui pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,698 (69,8%) berada di interval 0,60-0,799. Jadi dapat penulis simpulkan variabel independent (Pengaruh Atribut BPOM) menjelaskan berpengaruh kuat terhadap variabel dependent (Keputusan Pembelian Produk Kosmetik), dan koefisien determinasi sebesar 0,487 (48,7%). Maka hasil dari penelitin bahwa terdapat pengaruh yang signifikan cukup antara atribut BPOM terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada masyarakat khususnya perempuan Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kata Kunci : Atribut Bpom, Kosmetik, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:23
Last Modified: 12 Aug 2021 23:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54352

Actions (login required)

View Item View Item