Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru

Dwi Wulandari, - (2021) Analisis Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRAIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI WULANDARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Wulandari (2021) :Analisis Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini tentang penerapan penilaian autentik. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum, guru akuntansi, dan siswa jurusan akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah penerapan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa, guru sudah menerapkan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Penilaian kompetensi sikap menggunakan teknik observasi dan jurnal dalam kategori cukup baik. Penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasan dalam kategori baik. Penilaian kompetensi ketrampilan menggunakan teknik kinerja dan portofolio dalam kategori cukup baik. Simpulan penulisan bahwa secara keseluruhan penerapan penilaian autentik dalam kategori cukup baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pelaporan. Kata Kunci : Analisis, Penilaian autentik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:54
Last Modified: 13 Aug 2021 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54346

Actions (login required)

View Item View Item