Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTs

NURHAYATI, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayati, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Khairul Ummah Air Molek yang belajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung, 2) ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah, 3) ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Khairul Ummah Air Molek tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self confidence, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di MTs Khairul Ummah, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan matematis antara siswa yang memiliki self confidence inggi, sedang, dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Akan tetapi jika berdasarkan dari self confidence, penerapan model pembelajaran group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:28
Last Modified: 12 Aug 2021 23:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54330

Actions (login required)

View Item View Item