Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PEMBANGUNAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP POLA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT DI DESA SUNGAI SELODANG KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK DI TINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

Rini, - (2021) DAMPAK PEMBANGUNAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP POLA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT DI DESA SUNGAI SELODANG KECAMATAN SUNGAI MANDAU KABUPATEN SIAK DI TINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rini (2021) : Dampak Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Pola Hidup Konsumtif Masyarakat di Desa Sungai Selodang Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak pembangunan perkebunan kelapa sawit terdahap pola hidup konsumtif desa Sungai Selodang. Apakah dengan adanya pembangunan perkebunan kelapa sawit membawa dampak baik bagi pola hidup atau malah tidak. Sehingga disusun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Dampak Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit terhadap Petani Sawit, Bagaimana Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Sungai Selodang dan Dampak terhadap Pola hidup konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Dalam Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sungai Selodang Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi lapangan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 orang dan pengambilan sampelnya sebanyak 25 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menjawab bahwa pada umumnya perilaku konsumtif terjadi pada Masyarakat Desa Sungai Selodang Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. Tidak sedikit masyarakat Sungai Selodang yang bermata pencaharian sebagai Petani sawit, dan tingkat pendapatannya tidak menentu setiap bulannya mengikut gaya hidup konsumtif. Dan perilaku konsumtif pada masyarakat Sungai Selodang terdapat dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya tingkat pendapatan masyarakat yang meningkat dan yang berpendapatan tetap dengan kategori berkecukupan, masyarakat desa sungai selodang tetap berperilaku pemborosan, membeli barangbarang yang terbaru tanpa memperhatikan kegunaannya, dan tidak mempertimbangkan sebelum membeli barang tersebut. Dampak positifnya dengan perilaku konsumtif masyarakat yang membeli barang-barang yang mereka inginkan merupakan sebagian bentuk menikmati hasil jerih payah dari pekerjaan mereka. Namun jika perilaku masyarakat desa Sungai Selodang Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak apabila dilihat dalam pandangan Perspektif Islam, maka perilaku tersebut tidak diperbolehkan dan diharamkan oleh Agama ALLAH SWT. Kata Kunci: Dampak Perkebunan, Perilaku Konsumtif, Desa Sungai Selodang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:49
Last Modified: 13 Aug 2021 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54324

Actions (login required)

View Item View Item