Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN IMPOR MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal)

Rani Robbiyati, khalifahfotocopy2014@gmail.com (2021) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN IMPOR MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RANI ROBBIYATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rani Robbiyati, 2021, Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Menurut Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syarih Konsumen Mi Samyang Berlogo Halal. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan yang sering ditemui dilokasi penelitian yaitu apakah label halal berpengaruh pada minat beli konsumen serta analisanya menurut Ekonomi Islam. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh yang di timbulkan oleh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pengaruh secara siginfikan antara labelisasi halal terhadap minat beli. Penelitian ini penulis lakukan di kampus UIN Suska Riau dan informan dalam penelitian adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan tektik wawancara dan mengisi angket kuisioner. Jumlah sampel yang mengisi kuisinor ini adalah sebanyak 92 responden. Hasil dari penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= 15,276+0,640X artinya variabel labelisasi halal berpengaruh terhadap minat beli konsumen adalah positif. Hal ini juga diuji dengan menggunakan uji t yaitu nilai thitung 6,275 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Untuk Uji Koefisien Determinasi (R2) didapatkan sebesar 30,4%, artinya bahwa variabel lebel halal terhadap keputusan pembelin produk makanan impor adalah sebesar 30,4%. Dan sisanya 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Pada koefisien determinasi korelasi diketahui nilai R sebesar 0, 552, artinya bahwa korelasi antara varabel label halal terhadap variabel keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup kuat. Dalam tinjauan ekonomi islam, label halal pada produk makanan impor telah sesuai dengan syariat islam yaitu dengan mencantumkan label halal pada kemasan produk dapat memberikan rasa aman pada konsumen muslim untuk mengkonsumsinya. Dari hasil penelitian ini manajemen dari Samyangfood.inc diharapkan lebih memperhatikan penggunaan label yang ada pada produk mie Samyang, penggunaan label yang sesuai dengan ketentuan serta resmi menjadi suatu keharusan. Hal ini sangat penting karena konsumen mengutamakan untuk melihat logo halal, label komposisi, dan juga label nutrisi sebelum melakukan tindakan pembelian yang sebelumnya didasari minat beli. Kata Kunci : Labelisasi Halal dan Minat beli Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:36
Last Modified: 13 Aug 2021 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54323

Actions (login required)

View Item View Item