EKA SULASTRI (2013) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I MI AL-HIDAYAH KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_201337PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di MI Al-Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru khususnya pada siswa kelas I ditemui gejala-gejala atau fenomena pada pelajaran matematika sebagai berikut, 1) dari 16 siswa hanya 8 orang saja yang nampak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran 2) Minat siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru masih kurang, hal itu terlihat ketika diberikan tugas lebih dari 50% siswa tidak mengerjakan tugas dengan baik, 3) terlihat dari 16 orang siswa hanya 40% yang merespon terhadap pertanyaan yang diajukan oleh guru, dan 4) Jika ada soal yang dianggap sulit, siswa yang berkemampuan rendah hanya menunggu hasil dari temannya yang berkemampuan tinggi, tanpa ada usaha untuk menyelesaikan soal tersebut. Rumusan masalah penelitian yaitu Bagaimanakah penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I MI Al-Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru?, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas I MI Al- Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Hasil observasi sebelum tindakan minat belajar siswa diperoleh persentase rata-rata 44,6% dengan kategori cukup tinggi. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan tingkat minat belajar siswa mencapai dengan persentase 63,8% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar siswa diperoleh angka 75,9% dengan kategori tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas I MI Al Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5432 |
Actions (login required)
View Item |